ASSALAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUHU ...SHALOM...'ALEYCHEM.....AHLAN WA SAHLAN....BRUCHIM HABAYIM....SELAMAT DATANG DI RASAIL SALAM SHALOM

Kamis, 21 Februari 2008

Misteri Tanda Yunus

“Sebab seperti Yunus tinggal dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga anak manusia akan tinggal dalam rahim bumi tiga tiga hari tiga malam”. (Mat 12:40)

Ayat ini terkait dengan masalah kematian dan kebangkitan Yesus. Disini Yesus memberi penjelasan bahwa dia akan seperti Yunus. Dimanakah kesamaannya? Apakah pada kata “tiga hari tiga malam?”. Apakah benar bahwa Yesus tiga hari tiga malam berada dalam perut bumi? “tidak”. Mari kita pelajari bersama.

Setiap orang Kristen akan menyetujui jika dikatakan bahwa Yesus disalibkan pada hari Jum’at. Dan telah ada dikubur yang disediakan Yusuf dari Arimatea pada Jum’at malam, karena seperti hukum Taurat yang melarang mayat orang yang dihukum digantung semalaman (Ulangan 21:22-23).

Pada hari Sabtu disepakati bahwa Yesus masih ada dikubur. Sedangkan pada Minggu pagi, ketika Maria Magdalena datang ke kubur Yesus, Ia sudah tidak tidak ada (Mat 28:1-6). Jadi dapat kita gambarkan seperti ini:

Hari

Siang

Malam

Jum’at

-

Ada

Sabtu

Ada

Ada

Minggu

-

-




1 hari 2 malam

Jadi, Yesus ada dalam kubur bukan tiga hari tiga malam seperti dalam ayat di atas melainkan 1 hari 2 malam. Lalu, apakah Yesus berbohong atas ucapannya? “Tidak mungkin”. Yesus punya maksud lain dibalik tanda itu. Untuk mengerti maka kita akan selidiki tanda Yunus dari kehidupan Yunus terlebih dahulu.

  1. Jika seseorang dibuang ke lautan luas, pasti dia kan mati tapi Yunus tidak mati, berarti ini mukjizat.
  2. Seekor ikan datang dan menelannya, pasti dia mati. Tapi dia tidak mati, ini mukjizat.
  3. Karena panas dan sesak selama 3 hari 3 malam, maka dia pasti mati. Tapi dia tidak mati, ini mukjizat.

Jadi, Yunus yang dikira sudah mati padahal masih hidup seperti itulah yang dikabarkan Yesus. Bahwa dirinya yang dianggap sudah mati karena penyaliban ternyata tidak mati alias masih hidup. Itulah tanda (mukjizat) yang Yesus katakan.

Maka dari itu kebangkitan Yesus pada hari ketiga setelah disalibkan adalah mitos belaka.

Apakah penyaliban itu benar-benar terjadi???

Apakah kebangkitan itu ada???

Wallahu a’lam bisshawwab!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang artikel yang bersangkutan.Silahkan cantumkan alamat email anda.Terima Kasih...