ASSALAMU 'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUHU ...SHALOM...'ALEYCHEM.....AHLAN WA SAHLAN....BRUCHIM HABAYIM....SELAMAT DATANG DI RASAIL SALAM SHALOM

Rabu, 05 Maret 2008

Silsilah Mesias, Sang Anak Daud


Oleh: Daniel Filipus Yesaya

Hampir seluruh umat Kristen percaya bahwa Yesus yang dianggap Mesias, sebagai keturunan Daud. Hal ini dilatarbelakangioleh nubuat bahawa dari keturunan Daud akan muncul seoarng penolong bangsa Israel.

” Apabila umurmu sudah genap dan engkau telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya.” (2 Samuel :12-13)

Dan dalam Injil Matius 1:1-16 dan Injil Lukas 3:23-33, telah disusun dua buah silsilah bagi Yesus yang sama sekali berbeda. Setidaknya ada tiga perbedaan antara kedua sislsilah tersebut:

1. Matuis menyebutkan bahwa putra Daud yang menurunkan Yesus adalah Salomo, sedangkan Lukas menyatakan bahw yang menurunkan Yesus adalah Natan.

2. Matius mencatat 28 generasi dari Daud sampai Yesus, seadngkan Lukas mencatat 43 generasi dari Daud sampai Yesus.

3. Pada Matius, ayah Yusuf adalah Yakub, sedangkan pada Lukas, ayah Yusuf adalah Eli.

Dan tidak ada satu pun nam yang sama selain Yusuf dari Nazareth. Walaupun begitu, usah untuk menemukan silsilah Mesias tersebut adalah sia-sia, karena bagaimana pun juga Yusuf bukanlah ayah kandung Yesus, dan Yesus pun tidak bisa dinyatakan keturunana Yusuf dalam daging, karena Yesus tidak berasal dari benih Yusuf.

” Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya.tetapi tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki dan Yusuf menamakan Dia Yesus” (Matius 1:24-25)

Sedang dalam Injil sekalipun tidak ada kejelasaan tentang siapa Yusuf sebenarnya, Matius 1:18 menyebutnya sebagai tunangan Maria, sedangkan Matius 1:19 menyebut Yusuf sebagai suami Maria.

Karena tidak adanya kejelasan tentang status Yusuf, serta telah terbukti bahwa Yusuf bukan ayah Yesus, jadi otomatis nasab Yesus harus ditarik dari ibunya, Maria. Sekarang, siapakah Maria dan dari mana ia berasal?

”dan sesungguhnya Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya......” (Lukas 1:36)

”....istrinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet” (Lukas 1:5)

Jadi, Maria adalah keluarga dari Elisabet yang keturunan Harun. Otomatis Maria juga merupakan keturunan Harun bin Amram bin Kehat bin Lewi.

Sudah terbukti bahwa Yesus bukan dari keturunan Daud bin Isai bin Obed bin Boas bin Salmom bin Nahason bin Aminadab bin Ram bin Hezron bin Peres bin Yehuda. Pengikatan Yesus-Yusuf Daud adalah rekayasa uantuk melegitimasi bahw Yesus adalah keturunan Daud, Mesias yang dijanjikan sebagai juru selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika anda ingin bertanya tentang artikel yang bersangkutan.Silahkan cantumkan alamat email anda.Terima Kasih...